Monday 12 June 2017

PAHALA DAN GANJARAN PUASA

PAHALA AMALAN DI BULAN RAMADHAN YANG DILIPATGANDAKAN

① BERPUASA
Mengerjakan puasa di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan dibandingkan dengan amalan lainnya, hal tersebut dikarenakan bulan ramadhan ialah bulan yang mulia, Allah menjadikan puasa ramadhan sebagai bagian dari rukun islam. Nabi ﷺ bersabda: ”Barangsiapa puasa saat bulan Ramadhan kerana iman & mengharap pahala dari Allah ﷻ, maka dosa² masa lalu akan diampuni.”
(HR Bukhari)

② SOLAT TARAWIKH & WITIR
Memang sholat tarawih dan witir ialah sholat sunnat. Namun Allah akan meredhai bagi umat islam yang mahu untuk mengerjakan sholat tarawih dan sholat witir di bulan suci Ramadhan tersebut. Tidak Cuma memperoleh pahala yang besar dan berlipat ganda saja, akan tetapi juga untuk menjalin silaturahmi kepada masyarakat atau tetangga lainya, karena sholat tarawih dan witir ini dapat dikerjakan secara berjamaah di masjid, sehingga Allah akan memberikan beribu berkah pada kaum muslimin. Dan sholat tarawih juga dapat menghapus dosa yang dulu pernah diperbuat.

③ TADARUS AL QUR’AN
Tadarus Al Quran ialah hal yang sangat dianjurkan pada dibulan suci Eamadhan. Sebab Allah akan memberikan pahala besar / berlipat ganda bagi orang yang bersedia membaca Ayat ayat dalam Al-Qur’an dengan cara memahami maksud dari ayat tersebut. Bahkan Allah memberikan satu kebaikan untuk satu huruf telah dilantunkan.

④ ILMU-ILMU AGAMA
Gunakan juga waktu luang anda untuk mempelajari & memperdalami ilmu-ilmu agama. Berilmulah sebelum beramal.

⑤ PERBANYAKKAN DZIKIR
Perbanyaklah sesudah sholat berdzikir kepada Allah ketika di bulan suci Ramadhan, karena bulan Ramadhan yakni bulan yang mulia, sehingga orang yang rajin berdzikir sesudah sholat maka pahalanya sangat besar, anda dapat berdzikir dengan asmaul husna yakni sifat sifat Allah yang baik.

⑥ PERBANYAKKAN BERDOA
Selain berdzikir maka wajib sekali memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini untuk memperbanyak berdoa kepada Allah. Karena doa orang berpuasa dan sesudah puasa doanya tidak tertolak oleh Allah.

⑦ UMRAH
Umrah dibulan Ramadhan pahalanya senilai dengan haji, maksud senilai dengan haji yakni sama dan semisal dalam pahala, namun sebenarnya pahala haji itu lebih berlipat-lipat dari pada pahala umrah, karena haji ialah salah satu daripada Rukun Islam.

⑧ BERSEDEKAH
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia dan penuh keberkahan, maka sebab itu manfaatkan bulan suci ini untuk membantu fakir miskin, maka insyaAllah akan dibalas Allah berlipat-lipat ganda dalam rezeki ataupun pahala.

⑨ ZAKAT FITRAH
Zakat fitrah ialah sedekah yang sangat wajib sekali bagi seluruh umat muslim, bagi yang sudah baligh maupun masih bayi berumuran seminggu wajib juga zakat fitrah. Adapun zakat fitrah yang bisa anda keluarkan yakni bahan makanan sehari-hari seperti beras, jagung, gandum dan lain sebagainya. Banyaknya zakat fitrah setiap orang diwajibkan kurang lebih 2,5 kg atau 3,5 liter. Zakat fitrah dapat dikeluarkan diakhir bulan puasa hingga tiba sholat Raya Idul Fitri.

⑩ I’TIKAF
I’tikah ialah mempunyai nilai sangat tinggi pahalanya, karena saat Nabi Muhammad ﷺ membangun rumah tangga bersama istrinya. Mereka selalu melakukan i’tikaf dibulan suci ramadhan. I’tikah di bulan suci Ramadhan mempunyai pahala yang akan dilipatgandakan terutama bagi umat muslim yang beri’tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan yakni bulan Lailatul Qadar, yang dimana semua doa, ibadah dan lain sebagainya akan diRedhai oleh Allah.

Bulan Ramadhan suatu bulan yang penuh hikmah, keberkahan dan mulia, dan bulan yang tidak boleh dilupakan mulianya bagi seluruh kaum muslim. Apalagi malam 10 hari terakhir yang terkandung peristiwa yang sangat mulia sekali yakni malam Lailatul Qadar. Jika beribadah dimalam itu, ia lebih baik daripada 1000 bulan ataupun 83 tahun 4 bulan. Semoga kita diizinkan Allah untuk bertemu malam Lailatul Qadar pada Ramadhan kali ini..Aamiin..

Wallahu A’lam ...

™◈〔فَاسْتَبِقُواالْخَيْرَات…✎〕◈

No comments:

Post a Comment

Any comment? Please....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...